Inovasi dan perkembangan teknologi yang cepat punya dampak negatif?


Di era informasi dan teknologi ini, semua perubahan dan kemajuan terasa cepat. Hampir setiap minggu, setiap hari, lahir inovasi-inovasi baru. Dari cara kita menggunakan transportasi, sampai ke cara memesan hotel untuk berlibur, semua kegiatan ini sekarang sudah
diperbarui dengan teknologi. Semua lebih mudah di akses, efektif dan murah. Bayangin aja dulu kita mau booking pesawat harus ke kantor tempat jual tiket dulu. Udah abis uang buat bensin dan abis waktu kejebak macet, harga tiket pesawat yang dibeli pun mahal. Atau bahkan tiketnya abis. Tapi sekarang, udah ada aplikasi kayak skyscanner misalkan. Aplikasi ini bisa beliin kamu tiket hanya dengan beberapa ketukan jari. Bahkan bisa mencari tiket dengan harga yang paling murah.

Hidup lebih mudah? Memang. Tapi ternyata dampaknya enggak selalu positif. Banyak pihak menentang beberapa inovasi. Contoh paling jelas adalah Uber. Taksi aplikasi ini banyak ditentang di beberapa negara. Bahkan Perancis secara resmi melarang aktifitas mereka. Di Indonesia. Gojek pun sering kali bermasalah dengan ojek non aplikasi. Banyak orang menyuarakan kekhawatirannya dengan isu ini. Salah satu yang bersuara adalah founder Stripe, aplikasi transaksi online, John Collison. Pemuda 25 tahun lulusan Harvard ini, dikutip dari businessinsider, mengatakan bahwa pusat-pusat inovasi seperti Sillicon Valley, atau London; semua terobsesi dengan perubahan dan inovasi. Tapi mereka selalu lupa dengan efek samping yang bisa terjadi.



Apakah benar demikian?

Menurut Team Kepo, jaman akan terus maju, inovasi akan terus terjadi dan semua karena akibat dari kebutuhan manusia yang semakin kompleks. Perlu kita ingat, yang berubah itu enggak cuma alatnya saja, keinginan kita untuk mendapat akses lebih mudah dan cepat juga adalah perubahan yang enggak disadari. Di jaman modern begini, orang menuntut semua lebih mudah, murah dan efisien. Ini mendorong penemuan-penemuan terus terjadi tiap harinya. Bedanya, perubahan yang kita alami sekarang lebih cepat dari 20 tahun lalu, dimana informasi tidak mudah didapat. Makanya jaman sekarang kesan nya lebih ngeri karena semua berubah cepat, baru 10 tahun lalu iPhone diciptakan dan sekarang udah ada iPhone generasi ke 6.

Semua informasi, pendidikan dan pengetahuan dengan mudah bisa orang dapat dan gratis. Mendorong inovasi besar-besaran terjadi dengan cepat. Dan enggak ada yang salah dengan itu. Jaman berubah, cara hidup dan berpikir kita juga berubah.

sumber: John Collison interview with businessinsider.com
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment