7 alasan untuk tidak menggunakan Facebook lagi


Pertama-tama, ini bukan kampanye untuk anti-Facebook. Team kepo tidak berusaha untuk membuat pembaca make yang ini atau jangan pake yang itu. Penulisan artikel yang ini dikarenakan banyaknya orang yang berusaha untuk menghapus akun Facebook mereka dan mereka ingin untuk hidup lebih produktif tanpa Facebook.
Sekarang coba kalian ke google, tulis 'how to dele' dan suggestionnya yang nomor 1 adalah 'how to delete facebook account'. Ini kenyataannya. Facebook yang awalnya diciptakan untuk menjalin hubungan dengan orang lain, sekarang fungsinya sudah beralih. Ada yang jualan, ada yang baca berita, ada yang ngecengin cewek dan banyak fungsi lain yang sebenernya Mark Zuckerberg sendiri awalnya enggak kepikiran. Main game di facebook misalnya, terus nge-spam notif teman.


Dibawah ini adalah 7 alasan yang kita dapat dari lifehack.org, untuk cabut dari Facebook secepatnya demi masa depan kamu.

1. Facebook itu ngabisin waktu kamu yang berharga. Pernah ngerasa kalo hari benar-benar singkat karena kelamaan di Facebook? atau pernah ngerasa kamu harusnya belajar, tapi malah buka Facebook, terus tau-tau udah jam 4 pagi dan mesti sekolah besoknya? atau besok deadline kerja, kamu mau cari info penting di Facebook, terus malah berakhir di page video-video konyol 9gag sampai malam? Semua pernah ngerasain itu. Waktu kamu yang habis tadi mungkin bisa kamu pakai untuk bersantai, nonton tv dengan teh hangat, kumpul-kumpul sama teman atau belajar hal-hal baru.

2. Facebook bisa bikin kamu minder dan merasa hidup kamu tidak semenarik orang lain. Ini juga pasti dirasakan user Instagram. Kamu ngeliat temen-temen kamu upload foto lagi party di pulau Ibiza atau lagi makan-makan enak di pinggir pantai. Sedangkan kamu malah lagi belajar di kamar ditemanin sama air putih. Lalu kamu mulai galau dan jadinya bete. Atau kamu ngeliat temen kamu baru beli mobil baru. Terus kamu mulai sirik karena kamu cuma bisa pake angkot kemana-mana. Ini adalah salah satu pengaruh buruk yang secara enggak sadar kamu dapat dari Facebook. Tanpa melihat kehidupan orang lain, mungkin kamu lebih bisa percaya diri dan menghargai diri sendiri.

3. Facebook bikin kamu berurusan sama orang yang enggak berguna. Pernah ngerasain kan pasti komentar-komentar di page humor, berusaha ikut nimbrung seru-seruan sama orang yang kamu enggak kenal dan enggak akan pernah ngasih pengaruh positif ke hidup kamu? Di Facebook, besar kemungkinan kamu malah berurusan dengan orang yang justru enggak ada hubungannya sama kamu.

4. Facebook ngasih kamu informasi-informasi yang enggak perlu. "Kim Kardashian bikininya copot" atau "Justin Bieber kepeleset skateboard" atau "How to talk with girraffe". Kita selalu diberi informasi-informasi yang enggak berguna tapi menarik perhatian. Dan ini berakhir dengan kita nge-scroll terus kebawah sampe bosen. Terus nanti 10 menit kemudian, balik lagi ngelakuin hal yang sama.

5. Facebook malah ngerusak kemampuan kamu berkomunikasi dengan orang lain. Setuju? Sejak adanya sosial media, orang merasa lebih nyaman untuk berkomunikasi online. Bahkan satu ruangan aja biasanya malah ngobrol di Facebook Messenger atau messenger lainnya. Kamu bakal ngerasa sulit berkomunikasi langsung dan spontan, ini bakal ngasih pengaruh buruk untuk studi atau karier kamu.

6. Facebook membuat kamu untuk bikin update-an yang menarik. Tanpa disadarin, kamu akan bener-bener berjuang untuk bikin update-an lucu atau berusaha bikin quotes keren untuk di update dan mendapatkan Like yang banyak. Kamu bakal bener-bener berjuang untuk ambil foto sampe manjat-manjat pager demi foto kamu banyak yang nge-like. Dan kamu malah enggak jadi diri kamu sendiri dan berusaha menjadi seperti orang lain.

7. Facebook menjadi hidup kamu. Masih nyambung sama yang diatas. Kalo kamu enggak dapat like yang cukup banyak, kamu bakal minder dan mulai merasa kalau kamu enggak cantik. Atau kamu enggak se-keren temen kamu. Atau kamu mulai sedih karena foto kamu di like sama mantan. Semua aktivitas yang terjadi di Facebook, bakal bener-bener kamu bawa perasaan. Mau sampai kapan?

Dengan 7 alasan diatas. Seberapa siapkah kamu mau hapus account kamu? Kamu harus ingat sebelum kamu menghapus account kamu, ambil semua foto dan data-data kamu. Lalu jangan lupa juga dengan aplikasi-aplikasi lain yang ter-connected sama Facebook kamu (Spotify, Instagram, Pinterest,etc). Semoga dengan informasi ini hidup kamu bakal lebih fresh, produktif dan menarik.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment