Whisper, aplikasi ini punya cara sangat inovatif untuk dapat uang


Mungkin beberapa dari kalian ada yang familiar dengan aplikasi ini. Namanya Whisper, hampir mirip dengan Secret atau Yik Yak. Aplikasi ini fungsinya adalah untuk kamu sharing apapun yang ada di pikiran kamu, ke publik dan tidak ada satu orangpun yang tau siapa identitas kamu. Jadi buat kamu yang suka curhat, bisa pakai app ini. Tapi pertanyaannya, gimana aplikasi ini mendapat untung?


Pertama, aplikasi Whisper ini gratis. Kedua, enggak ada iklan-iklan jelek yang seliweran di aplikasinya. Ditambah lagi di aplikasinya mereka enggak menawarkan apa-apa untuk dijual. Kalau begitu gimana startup aplikasi ini bisa mendapat untung? Gilanya lagi, di tahun 2012, aplikasi ini value nya mencapai $200M. Michael Heyward, sang CEO menjelaskan bagaimana ia menemukan cara inovatif untuk mendapatkan keuntungan. Beberapa website atau aplikasi mengandalkan iklan sebagai media utama mencari uang. Namun cara itu justru seringkali malah merusak keindahan tampilan aplikasi dan merusak user experience.

Cara kerja Whisper itu begini *tarik nafas*:

1. Kamu tulis curhatan kamu misal "I want to say that I love her, but I can't"
2. Whisper akan mendeteksi salah satu kata2 (keyword) kamu secara random.
3. Misal yang terpilih adalah "love", maka Whisper akan mencari gambar yang ada hubungannya dengan keyword "love" di direktori mereka.
4. Gambar yang dicari di direktori mereka adalah gambar yang dimasukkan para pengiklan ke aplikasi Whisper. (Gambarnya bagus-bagus, suer)
5. Selanjutnya, Whisper akan menampilkan banyak pilihan gambar yang dimasukkan para pengiklan, yang keywordnya "love".
5. Misal yang kamu pilih adalah gambar poster film Twilight (Ini film cinta2an jadi wajar dipasang keyword 'love' sama pengiklannya)
6. Kamu klik next. Di layar hp kamu bakal muncul gambar poster film Twilight dan juga curhatan kamu.
7. Lalu kamu tinggal klik update dan semua orang bisa lihat post kamu dan komentar di postingan kamu.
8. Format komentar orang lain di post kamu juga akan sama, ada gambar + tulisan.

Contohnya ini. Karena ada keyword "Facebook" di postingan kamu. Maka gambar belakangnya, pasti semua berhubungan dengan keyword "Facebook". Disini kita bisa pahami kalau pemasang iklan adalah pihak dari 'Facebook' dan mereka pasti bayar sekian besar untuk strategi promosi kreatif ini.


Mengerti? Ini benar-benar cara yang inovatif untuk memasang iklan. Pengguna aplikasi enggak perlu kesal karena banyak iklan yang menggangu, tapi iklan justru dipilih si pengguna aplikasi sendiri (kamu). Kesimpulannya? Kalau kita mau putar otak lebih lama mencari cara untuk menghasilkan uang untuk bisnis kita, ide-ide brilian seperti ini mungkin muncul. Kamu cuma perlu lebih jeli dengan apa saja aset yang kamu punya dan bisa dijual. Dalam kasus ini, keyword (damn.....).
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment