5 alasan kenapa kamu harus belajar koding kalo mau jadi startup founder



Sebagai startup founder kami mungkin ngurusin banyak hal, dari Marketing sampai rekrutmen. Tapi akan lebih bagus kalo kamu punya kemampuan teknis yaitu kemampuan koding. Memang, ada beberapa entrepreneur sukses yang enggak punya kemampuan ini. Salah satunya adalah
Jack Ma, orang terkaya di bidang teknologi di Cina ini mengakui kalo dia enggak pernah nulis satu baris kodepun. Lalu? Dibawah ini beberapa alasan kenapa kamu lebih baik bisa koding daripada enggak.

1. Kamu bakal ngirit uang dan waktu. Misalkan kamu perlu ngebenerin bug di website kamu, atau mau ganti font di aplikasi kamu, atau mungkin mau melakukan perubahan besar-besaran di produk kamu? Kamu enggak perlu nunggu programmer datang, juga enggak perlu keluar biaya besar untuk melakukan hal kecil. Diluar itu, kamu juga bakal lebih paham dengan produk kamu secara mendalam.

2. Kamu bakal ngelatih otak kamu untuk problem-solving/memecahkan masalah. Dengan programming kamu bakal berpikir lebih luas. Kamu juga akan melihat beberapa hal dari sudut pandang yang berbeda dan memecahkan masalah dengan cara yang tepat. Hal ini disetujui oleh orang-orang besar seperti Bill Gates atau Marissa Mayer, CEO Yahoo. Bill Gates mengatakan "belajar menulis program akan memperluas pemikiran kamu dan membantu kamu berpikir lebih baik, membentuk cara berpikir yang baik, yang saya rasa akan berguna untuk segala hal." Sementara CEO Yahoo yang awalnya kuliah kedokteran, langsung pindah ke jurusan komputer karena sependapat.

3. Kamu bakal bisa nge-tes ide kamu dengan cepat. Tanpa harus nyari programmer dan bayar mereka. Lagi-lagi, irit waktu dan uang. Sekalinya kamu ada ide, kamu langsung bisa bikin sendiri produknya karen kamu punya kemampuan teknis. Dengan begitu, tentu akan menguntungkan kamu dalam segala hal :)

4. Kamu bakal tau berapa lama suatu pekerjaan teknis bisa diselesaikan. Kamu juga bisa siapkan waktu deadline dengan tepat karena kamu paham berapa lama untuk membuat website, misalnya. Atau berapa lama untuk membuat aplikasi iphone misalnya. Jadi bisa tau programmer kalo udah ngaret atau kerjaannya enggak kelar-kelar.

5. Kamu bakal lebih menarik investor dan praktisi praktisi top untuk bergabung ke startup kamu. Ini jelas banget. Investor bakal lebih senang kalau founder startup punya kemampuan teknis dan bisa nyelesaiin masalah mereka secepatnya. Banyak founder yang enggak punya kemampuan koding, biasanya kesusahan nyari programmer yang mau bantu startupnya. Praktisi top atau programmer pun rata-rata udah enggak tertarik untuk menjadi 'bawahannya' orang bisnis, mereka lebih tertarik untuk bikin startup sendiri. Atau kerja di perusahaan top yang lebih stabil.

Nah? Banyak banget kan keuntungannya? Perkembangan startup kamu juga bakal lebih positif dan cepat karena kamu lebih banyak hemat waktu dan biaya, bahkan menarik investor atau jagoan-jagoan IT untuk gabung ke tim kamu.

sumber: entrepreneur.com
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment