5 hal yang kamu harus lakukan kalo mau jadi entrepreneur


Di tengah panas-panasnya dunia teknologi dan bisnis, semua penemuan-penemuan baru diciptakan, dari printer rumah 3D sampai ke smart mirror. Semua orang di dunia berlomba-lomba untuk menjadi 'bos' untuk bisnisnya sendiri,
semua orang berlomba untuk menciptakan inovasi-inovasi yang akan mempermudah hidup. Semua berjalan sangat cepat dan sekarang, semua bermimpi ingin jadi entrepreneur. Ketika kamu mulai berpikir untuk jadi entrepreneur, ini 5 hal yang harus kamu segela lakukan.

1. Fokus dan jangan biarkan keraguan memperlambat langkah kamu. Ketika kamu sudah memutuskan untuk jadi entrepreneur, majulah terus kedepan dan jangan pernah sekalipun berpikir untuk kembali, karena ini akan memecah fokus kamu dan malah berdampak negatif ke usaha kamu.

2. Cari mentor untuk kamu sendiri! Iya, penting banget untuk punya mentor. Selain untuk jadi tempat tanya-tanya dan meminta saran, mereka juga bakal ngebantu kamu banyak hal. Mereka bisa aja menjadi pengingat kamu ketika kamu salah melangkah. Mereka juga bisa menjadi orang yang memperhatikan 'pencapaian' kamu. Sebagai 'murid' kamu pasti enggak mau kan mengecewakan mentor kamu?

3. Buat kegiatan rutin kamu sehari-hari, dengan goal kamu sebagai bahan pertimbangan. Misalnya kamu kerja sehari dari jam 7 pagi sampe 5 sore. Tambahin ekstra 2 jam dan jadikan rutinitas. Tambahan 2 jam tadi kamu pakai untuk memikirkan bagaimana bisnis kamu kedepannya, tanpa terganggu rutinitas jam 7 sampe 5 sore tadi. Melelahkan memang untuk nambah 2 jam kerja, tapi ini balik lagi ke seberapa inginnya kamu menjadi sukses?

4. Jauhin orang yang berdampak enggak baik untuk kamu. Kamu perlu dikelilingi orang-orang yang sepemikiran. Orang-orang yang fokus dan pekerja keras. Berada di sekitar orang pemalas, pesimis, dikit-dikit ngeluh, enggak akan pernah ngasih pengaruh positif untuk kamu. Jauhin orang-orang model kayak gitu.

5. Networking itu perlu dan sangat penting. Kalo perlu, untuk kamu yang baru memulai, carilah sebanyak-banyaknya kenalan. Ini penting, walaupun beberapa dari mereka mungkin gak akan butuh bantuan bisnis kamu, mungkin aja mereka tau seseorang atau kerabatnya yang perlu bantuan kamu. Atau mungkin kamu nemu angel investor yang tertarik sama ide kamu? Siapa tau kan?

Semua yang diatas terdengar gampang dan hal-hal remeh. Membacanya memang gampang, tapi seberapa pengen sih kalian sukses sebagai entrepreneur? Mukanya nongol di halaman depan Forbes? Ayo dilakukan jangan cuma dibaca :)


sumber: entrepreneur.com
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment