Kecurigaan kami kepada Facebook (Part 1) - kalian perlu tau!


'Ditipu Facebook' mungkin itu harusnya judulnya.

Facebook, raksasa internet ini kita percayai banyak sekali informasi-informasi sensitif kita. Tapi untuk masalah uang, bisa enggak kita percaya dengan Facebook?

Baru-baru ini, Team Kepo berusaha untuk promosi blog ini supaya dikenal banyak orang Indonesia. Segala cara kita coba, termasuk membuat Facebook page. Berjalan beberapa minggu, kita kesulitan untuk dapat like dan akhirnya ngambil keputusan untuk menggunakan layanan iklan Facebook atau 'Promote Page'. Kita bayar £3 sehari dan Facebook menjanjikan like sekitar 60-240 per hari. Setelah berjalan 24 jam dan login Facebook, kita kaget karena ngeliat like page nya tau-tau udah 238 dalam satu hari. Kita sempat kesenengan dan senyum-senyum sendiri karena iklannya sukses. Tapi pas kita liat, banyak banget keanehan yang bikin curiga.



Pertama, dari 238 like tadi, enggak ada satupun like di post kita. Satupun. Ini enggak masuk akal karena kalau misalkan kamu ngelike satu page, selalu ada kemungkinan untuk scrolling liat-liat postingannya terus ngelike atau komen. Oke mungkin kamu enggak nge-like atau komen, tapi gimana dengan 237 orang lainnya??

Kedua, setelah ngerasa janggal karena enggak ada yang like postingannya, kita cek siapa aja sih yang like. Begitu kita cek notification page kita, ini lebih ngaco dan aneh lagi. Karena cuma ada 24 orang yang nge-like page kita (termasuk 3 admin)! 238-24= 214. 214 orang lainnya pada sembunyi dimana? Ini jelas udah enggak beres dan kita mulai kecewa karena data-data enggak jelas dari Facebook ini.



Ketiga, semua orang yang like Facebook kita tuh bener-bener mencurigakan. Begitu di cek satu-satu, profile Facebooknya sih beneran ada aktifitas dan bukan profile Facebook boong2an (walau ada 1 atau 2 yang boongan). Dan kalau di cek lagi, orang-orangnya tuh yang enggak nyambung. Kita Team Kepo membagikan info tentang teknologi dan bisnis. Udah kita target juga usia dan interestnya. Tapi kita dapat like dari beberapa anak bocah yang bahkan berbahasa Indonesia pun spellingnya belum bener. Mereka keliatannya umur 10-15. MAKIN ANEH LAGI. Semua profile orang yang ngelike Facebook page kita, itu nge-like ribuan Facebook page lainnya dan bener-bener acak.

Contohnya nih si anak bocah tadi, dia ngelike page-page berbahasa mandarin dan bahkan spanyol. Dia juga ngelike page bisnis kecil di China dan bahkan website judi bola. Ini keliatan banget kalo profile si anak ini ada yang enggak beres. Dan bisa jadi anak ini cuma profile Facebook rekayasa yang memang 'dibayar suatu pihak' untuk nge-like random page di Facebook. Liat nih screenshot yang di like si anak tadi:



Enggak perlu nunggu hari ke-2, kita langsung putuskan untuk enggak menggunakan layanan Facebook lagi. Terlalu mencurigakan.

Jelas dengan semua ini, ada yang enggak beres dengan fitur iklan di Facebook. Buat kalian yang mau ngiklanin bisnis kalian, hal ini jelas adalah kerugian besar. Kamu bayar pasang iklan tentu tujuannya biar dapat like dari orang yang tepat, iklan yang tepat sasaran jelas adalah kunci sukses bisnis atau usaha kamu. Tapi dengan hal konyol yang terjadi ini, bisnis kamu malah di like orang-orang yang enggak jelas dan kamu rugi uang pasang iklan. TERNYATA, hal ini terjadi enggak cuma kita yang rasain, tapi banyak sekali orang yang juga dapat pengalaman sama. Coba aja google 'Facebook Fraud' atau 'Facebook Page Fake like'.

Di post berikutnya, bakal kita bahas beberapa orang yang berpengalaman sama. Bahkan mereka menyediakan bukti-bukti nyata yang bikin kita lebih hati-hati untuk pasang iklan di internet.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment