Tantangan Indonesia untuk memajukan industri teknologi


Indonesia adalah negara besar yang semangat anak mudanya untuk membangun bisnis berbasis teknologi, lagi hangat-hangatnya. Kira-kira bisakah Indonesia menjadi negara dengan industri teknologi yang maju?

Di Asia, jumlah investasi yang ditanamkan di Indonesia, masih kalah jauh dibandingkan China, India atau bahkan negara kecil Singapura. Memang ada beberapa startup Indonesia yang baru dapat investasi besar seperti toko online Tokopedia dan Go Jek. Keduanya bisa dibilang adalah dua startup yang paling mencolok di Indonesia. Tapi kalo kita bandingkan dengan China yang sudah mendapat dana investasi mencapai $12.8B, lalu India yang telah mengantongi $2.7B, Indonesia jauh sekali tertinggal karena beberapa hal yang menghalangi investor untuk menanamkan modal di Indonesia.

Masalah pertama adalah regulasi dan pajak yang tidak jelas dan mempersulit Investor asing untuk ikut membantu perkembangan industri teknologi Indonesia. Selain itu, tenaga kerja yang handal di bidang engineering atau IT juga tidak sebanyak negara lain (kebanyakan kabur ke luar negeri, jangan salahkan mereka). Indonesia memang negara dengan jumlah penduduk yang besar, tapi sebagian besar penduduknya masih di golongan pendapatan menengah kebawah. Hal ini berpengaruh ke skill dan pendidikan penduduk Indonesia yang masih kurang menarik perhatian investor asing. Kebanyakan orang Indonesia pun masih belum melek teknologi sederhana seperti Microsoft Office.

Perusahaan-perusahaan besar seperti Amazon, eBay, Twitter atau Facebook semua pernah mencoba untuk membuka kantornya di Indonesia. Namun karena berbagai kendala tadi, semua mengurungkan niat. Masalah infrastruktur juga berpengaruh besar. Kurangnya akses internet di daerah, fasilitas antar barang ke daerah tertentu atau fasilitas transaksi uang, memperburuk keadaan dan membuat Indonesia perlu bersabar beberapa tahun lagi untuk mencapai kelas Singapura atau China.

Maka dari itu, kunjungan presiden Jokowi ke Sillicon Valley kemarin sangatlah vital. Project Loon yang akan dijalankan di Indonesia tahun 2016 juga adalah satu langkah yang harus diiringi langkah-langkah besar lainnya, jika Indonesia mau ikut bersaing di industri teknologi dunia. Kehadiran investor Sequoia Capital dan 500 Startups beberapa waktu lalu juga adalah kemajuan yang memberikan harapan bahwa Indonesia punya masa depan yang cerah.


Sumber: wall street journal tech
Foto: skyscrapercity.com
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment