Bingung nyari ide untuk bisnis startup? Nih gue bagiin tips untuk kalian

Evan Spiegel Infographic
Orang-orang sekarang ramai-ramai mulai bisnis sendiri, yang bahasa kekiniannya 'startup'. Emang asik untuk punya bisnis sendiri, jadi bos dan bisa tentuin jadwal kapan mau kerja. Tapi kebanyakan kita cuma mentok sampai tahap 'nyari ide' atau bahkan cuma sampe tahap 'punya ide'.

Perlu kita sama-sama sepakatin kalo bisnis
yang bakal berhasil tuh bisnis yang menyelesaikan masalah banyak orang dan kamu sendiri. Sesuatu yang udah pain in the ass banget tapi gak ada solusinya.  Jadi coba mulai dengan brainstorming diatas kertas kosong dan bolpen lalu coba lanjutkan kalimat dibawah ini, lakukan ini sehari minimal sampai ada 10-20 ide. Gak apa-apa kalau idenya kedengeran konyol, founder Snapchat juga dulu diejek karena idenya dianggap 'aneh'.

1. "Gue paling benci kalo ..." ("I hate it when....")
Contoh: "Gue paling benci kalo enggak bisa bangun pagi." --> Nah ciptain lah alarm yang gak bisa di snooze. Pasti gak cuma kamu aja yang susah bangun pagi kan?

2. "Coba aja ada ... untuk ..." ("I wish there was...")
Contoh: "Coba aja ada aplikasi untuk bayar tagihan listrik tanpa harus ke kantornya" --> Nah buat lah aplikasi untuk bayar tagihan listrik. Pasti banyak orang juga males ngurus beginian kan?

3. "Kenapa ya kok gak ada yang nyiptain ..." ("I can't find....")
Contoh: "Kenapa ya kok gak ada yang nyiptain smartphone tenaga surya, jadi gak perlu pusing kalo charger ilang?" --> Nah buatlah smartphone pake solar panel. Pasti banyak banget yang minat kalo ini sih.

Nah silahkan dicoba. Ingat ya, 10-20 ide per-hari. Suatu saat pasti ide yang bener2 keren keluar.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment